12/09/2021

Panduan untuk menulis resume yang bagus

Sejauh ini terkadang " pelamar pekerjaan" lebih cepat dan mudah untuk mengambil resume lamaran pekerjaan yang diulis untuk aplikasi terakhir mereka, mengubah nama perusahaan, dan mengirimkannya. Akan tetapi sebagian besar pemberi kerja ingin melihat bahwa Anda benar-benar tertarik dengan posisi dan perusahaan tertentu yang berarti membuat surat khusus seperti resume untuk setiap posisi yang Anda lamar. Berikut ini merupakan panduan langkah demi langkah untuk menulis resume yang bagus dengan struktur resume standar di bawah ini ketika ingin menulis resume Anda. Jangan lupa untuk memastikan Anda menggunakan format yang bersih dan jelas.

1. Informasi kontak

Mulailah dengan dasar-dasar seperti nama Anda, nomor telepon, alamat email (pastikan alamat email yang Anda gunakan terdengar profesional) dan tautan profil LinkedIn (tautan ke artikel 'daftar periksa profil LinkedIn' baru, setelah ditayangkan). Gunakan nomor telepon dan alamat email yang paling sering Anda gunakan. Anda tidak ingin mengecewakan majikan dengan gagal menanggapi undangan mereka untuk wawancara secara tepat waktu.

2. Ringkasan profesional

Dalam 50 hingga 150 kata, jelaskan pengalaman dan keterampilan Anda yang berlaku. Ringkasan ini harus membuktikan nilai Anda dan membantu membedakan Anda. Hindari menggambarkan apa yang Anda inginkan dari pekerjaan Anda berikutnya dan alih-alih fokus pada apa yang dapat Anda tawarkan. Ini adalah tempat untuk USP Anda, atau proposisi penjualan unik. Sesuaikan bagian ini dengan setiap posisi yang Anda lamar.

Gunakan kata kunci dari deskripsi pekerjaan sehingga ATS dapat menemukan kecocokan.

3. Ringkasan keterampilan

Pembaca resume Anda mungkin tidak memiliki waktu lebih dari satu menit untuk memindai setiap aplikasi, terutama jika volume aplikasi sangat tinggi, jadi menyertakan bagian keterampilan dapat menarik perhatian mereka dengan segera memperjelas apa yang dapat Anda tawarkan. Kumpulkan daftar bullet singkat dari sistem, keterampilan dan kompetensi yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Gunakan kata kunci dari deskripsi pekerjaan di sini juga.

Misalnya, jika iklan menyebutkan seseorang yang memiliki 'kemampuan administratif yang efektif dan keterampilan interpersonal yang sangat baik', ini harus dibahas di sini dengan bukti singkat tentang dari mana Anda memperoleh keterampilan tersebut. Pastikan untuk selalu menyesuaikan keahlian Anda dengan posisi individu yang Anda lamar.

4. Prestasi

Majikan masa depan akan tertarik di mana Anda pergi di atas dan di luar pekerjaan yang Anda dibayar untuk melakukan dan mencapai sesuatu yang hebat. Jadi, selanjutnya buat daftar pencapaian karir utama Anda, didukung oleh fakta, statistik, atau tautan. Misalnya, jika Anda mencapai target penjualan secara berlebihan, Anda perlu mengatakan berapa persentase dan selama periode berapa.

Ingatlah, ini adalah ringkasan untuk menarik minat dengan menunjukkan bahwa Anda dapat berhasil menambah nilai bagi organisasi dalam jenis pekerjaan yang Anda lamar, jadi bukti sangat penting.

5. Pengalaman kerja

Riwayat pekerjaan Anda harus menjadi bagian paling rinci dari resume Anda, dengan posisi terdaftar dalam urutan terbalik, dimulai dengan yang terbaru. Sertakan nama majikan, posisi dan tanggung jawab utama.

Jika jabatan Anda tidak konvensional, sangat dapat diterima untuk menggantinya dengan padanan yang dapat dikenali.

Penting untuk mengukur pencapaian Anda – pembaca ingin melihat fakta bukan omong kosong. Fokus pada nilai yang Anda tambahkan di setiap peran, daripada hanya mencantumkan apa tugas Anda. Bagian ini tidak boleh dibaca seperti deskripsi pekerjaan. Sebaliknya, itu harus menceritakan kisah kekuatan dan pencapaian unik Anda. Pikirkan pencapaian terbesar Anda untuk setiap peran dan berikan bukti nyata dan terukur untuk masing-masing peran. Salah satu cara untuk membantu Anda melakukan ini adalah dengan menggunakan kata kerja tindakan seperti "dikelola" atau "mengawasi". Kata kerja seperti itu memaksa Anda untuk fokus pada apa yang Anda capai dan hasil Anda di setiap peran, yang membuktikan nilai pengalaman Anda.

Hindari klise yang berlebihan dalam CV Anda yang dapat membuang-buang ruang yang berharga. Sebaliknya, sertakan contoh pekerjaan Anda untuk menunjukkan kekuatan Anda. Ingatlah bahwa bukti ada dalam hasil Anda.

Kami juga menyarankan Anda untuk tidak meninggalkan celah dalam riwayat pekerjaan Anda. Jika Anda mengambil cuti selama satu tahun, melakukan tugas sementara, atau bepergian selama enam bulan, katakan saja. Pastikan Anda mengilustrasikan apa pun pengalaman itu dengan cara yang positif, dengan fokus pada fakta bahwa itu memberi Anda pengalaman dan pengetahuan yang luar biasa.

Menyatakan tahun-tahun Anda memulai atau menyelesaikan peran juga dapat mengirimkan lonceng alarm. Penulisan seperti "2021 - 2022" bisa diartikan untuk pekerjaan dari bulan Desember 2021 hingga Januari 2022, kecuali Anda mengatakan dengan sebaliknya.

6. Pendidikan dan kualifikasi

Buatlah ringkas dengan mencantumkan kualifikasi akademik yang diperoleh, tahun penyelesaian, nama institusi dan ringkasan satu kalimat.

7. Referensi

Rincian referensi jarang disertakan pada resume. Kandidat biasanya hanya menulis, "Referensi tersedia berdasarkan permintaan" di bagian resume Anda ini. Perekrut Anda kemudian akan menghubungi perincian wasit Anda pada titik yang tepat dalam proses rekrutmen.

Namun ingat, perekrut perekrut dan pemberi kerja yang paling menghargai adalah orang-orang yang Anda laporkan secara langsung yang dapat berbicara tentang bagaimana Anda menggunakan keterampilan dan pengalaman Anda untuk menambah nilai bagi organisasi mereka. Jika Anda tidak yakin siapa yang harus diberikan sebagai wasit, panduan referensi kami dapat membantu.

0 comments:

Posting Komentar